Radio


"Di radioooo, aku dengar lagu kesayanganmu.." ini die lagu jadul taun delapan puluhan yang dinyanyikan Gomloh. Lagu ini waktu diriku masih bocah ingusan (ini biar lebay aja aslinya ga ingusan, manis pokonya dah hehe). Bicara radio, saat ini mungkin udah beda kali ya jamannya ga kaya dulu. Jaman saya masih ababil (kalo anak sekarang bilang, abg labil), radio jadi medium untuk sosialisasi kirim-kirim lagu buat temen-temen atau kirim salam segala (yang pastinya ga ada salam tempel). Sekarang gimana ya? ya udah kalah sama media sosial, jadi kirim-kirim salam lewat radio udah ga jaman. Walaupun radio tidak jadi media yang ngetop tapi radio masih menjadi media yang dibutuhkan.
Pertama kali suka denger radio, waktu saya kelas 6 SD setelah ayah saya membelikan walkman. Dulu tuh pake walkman gauuul bener rasanya. Nah, mulai suka tuh denger lagu-lagu Barat. Nah masuk masa SMP, suka juga denger radio, tapi ga hanya musiknya, suka denger celotehan penyiar. Dulu di Bandung, ada penyiar yang endaaang, terkenal, rame, kayanya asik, suaranya oke..hmm ga salah kalo remaja cewek dulu termasuk saya membayangkan pasti ni tampang tuh penyiar cakep. Singkat cerita, ada satu gathering dari radio itu, saya dan teman mendatangi tempat itu karena ingin melihat secara live (halah kaya nonton berita aja) seperti apa rupa sang penyiar. Ternyata, hari yang dinanti datang juga, dan terpanalah diriku mendapati si penyiar jauh dari yang dibayangkan (ga usah detail kali yee diceritainnya, udah kebayang kan?).
Lulus kuliah, tidak diduga ternyata diriku jadi penyiar (apa kebetulan turunan dari bapak yang mantan penyiar??? engga juga, yah daripada nganggur, mending kerja, abis ada kerjaannya jadi penyiar). hmmm, kebetulan di radio untuk segmen berita dan informasi jadi ga ada yang seru.Naah, di radio sebelah gw, ada radio segmen anak muda dan ada penyiar yang ngetoop dah. Ada beberapa temen yang nanyain penyiar itu karena ngefans dengan suara yang terkesan cowok macho. Sebagai teman yang baik, saya katakan tabah ya kalo udah ketemu nanti...ternyata begitu temenku lihat penyiar itu langsung mau kabuuurrr. hahahah..yah itulah radio, kalo di buku-buku tentang radio yang menyebutkan radio membentuk 'theatre of mind' maka wajar kalo banyak khayalan tingkat dewa yang membayangkan kegantengan atau kecantikan si penyiar.
Saat ini? saya kadang-kadang masih denger radio walaupun hanya untuk denger berita atau ingin denger musik, tidak begitu tertarik denger penyiar berceloteh. Pengalaman jadi penyiar dulu seruuu, radio itu membuat kedekatan dengen pendengarnya. Walaupun hanya cuap-cuap, tapi susah juga loh improvisasi di radio. Walaupun tidak lagi menjadi penyiar radio, tapi profesi itu sangat banyak memberikan pelajaran.
Kalo kata the Corrs  dalam lagunya 'So listen to the radio...'.

Komentar

  1. kalau sekarang kayaknya gak bakal ketipu wajah penyiarnya, soalnya bisa diintip di twitter mereka, apalagi kayak swaragamafm radionya jogja ada video live streamingnya teh jadi keliatan hehehe pas penyiarnya siaran

    BalasHapus
  2. jadi teknologi sekarang ga bisa nipu ya hihihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer