Kuliner Sunda Pedooo lah


Ngaliwet? sudah pernah dengar istilah ini? Untuk orang Sunda atau orang yang tinggal di tataran Bumi Parahyangan, pasti akrab dengan istilah ini. Istilahnya makan nasi liwet. Nasi liwet merupakan hidangan nasi ala Sunda. Biasanya menggunakan ikan peda, maknyuuus, kalo kata orang Sunda mah Pedoo pisan euy. Terus ada pula istilah botram yaitu makan bersama tetapi masing-masing membawa bekal untuk makan bersama-sama. Biasanya menjelang Bulan Ramadhan diadakan acara Botram, untuk menambah keakraban.
Coba Anda lihat menu di atas? hmmm..coba bayangkan makan dengan nasi pulen yang hangat dan wangi diiringi musik Sunda. nasi pulen disuapkan dengan ikan asin atau ikan peda, kemudian ayam goreng dicocol dengan sambel tomat atau sambel terasi, kemudian makan tempe dan tahu, kemudian dilengkapi dengan lalap dan tak lupa teh pahit saring. luaarrr biasaa nikmat, apalagi makannya sambil lesehan. Kalo ga kuat, yah abis makan, ngantuk, terus tidur.
Eitss...jangan makan langsung tidur berbahaya, konon meningkatkan gula darah (itu juga katanya..kata siapa? kata siapa ya? lupa lagi). Setelah makan terus tidur tentu mempercepat penggemukan badan. Memang nikmat, kalau habis makan langsung tidur. Tapi jangan ya, nenek bilang itu berbahaya.
Kembali ke topik, kuliner khas Sunda memang sederhana, murah meriah dan nikmat. Memang paling enak makan khas Sunda dengan menggunakan tangan. Tapi jangan lupa cuci tangan sebelum makan ya..ya kalo ga cuci tangan, pas makan nanti mules. Satu lagi, sebelum makan berdoa dulu supaya lebih nikmat. Terus, makan sambil duduk atau lesehan biar enak. Mau makan saja kok banyak aturan, yah pokonya asal nikmat deh.
Terus kuliner Sunda yang enak seperti ulukutek leunca, oncom, ada juga nasi tutug oncom. wah pokonya endang cyyyynnn. Terbukti kuliner Sunda ada dimana-mana, tapi memang belum sepopuler rumah makan Padang.
Kuliner Padang hebat tuh di mana-mana ada, bahkan sampai ke luar negeri. Mudah-mudahan saja ke depan kuliner Padang, Sunda, Jawa, Sumatera dan lainnya bisa jadi trend waralaba di dalam dan luar negeri. Habis waralaba yang ada dimana-mana seperti KFC, Pizza hut, Hoka Hoka Bento dan lainnya. Kapan doong, kuliner dalam negeri jadi tuan rumah. ayoo, kuliner Indonesia itu dahsyat.

Komentar

  1. Jadi ngiler lihat foto dan cerita masakan khas sunda yang paling enak, hehehehe :)

    BalasHapus
  2. hayu neng, urang ngaliwet di Bandung nya ;)

    BalasHapus
  3. aku suka, aku suka, aku sukaa masakan sunda...... hiya, gambar postingan ini bikin ngileeer euyy... :p

    BalasHapus
  4. ihiiyyyy..hayu kita botram nyam..nyam hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer